Langsung ke konten utama

Instrumen Asesmen Membaca

ASESMEN MEMBACA

A. IDENTITAS ANAK
                    1.      Nama                     : ...............................................................................................
2.      Tempat Tgl Lahir  : ...............................................................................................
3.      Usia                       : ...............................................................................................
4.      Jenis Kelamin        : ...............................................................................................
5.      Alamat                   : ...............................................................................................
6.      Kelas                      : ...............................................................................................
7.      Sekolah                  : ...............................................................................................
8.   Tanggal asesmen     : ...............................................................................................

B. MENGENAL HURUF
Huruf
B/S
Huruf
B/S
(1) b d p
(2) a  e  r  s
(3) m w h k
(4) l j t p y
(5) z o f v u n
(6) c s r z i e

(7)     R G C D
(8)     O D Q P
(9)     S Z B H K
(10)  Y U Y L F
(11)   X N M W Z S
(12)   A R K T B F


C. MEMBACA PERMULAAN
Aspek Kemampuan
Kemampuan Murid
Cek
1. Mengenal bentuk huruf
·        Lancar, cepat, tepat

·        Cepat, tidak tepat

·        Lamban, tepat

·        Lamban, salah

2. Mengenal kata:
              - Terisolasi
             - Dalam konteks
·        Cepat, tepat

·        Cepat, tidak tepat

·        Lamban, salah

·        Cepat, tepat

·        Cepat, tidak tepat

·        Lamban tepat

·        Lamban, salah

3. Menggerakkan mata
·        Cepat

·        Lamban

4. Mengucapkan kata
·        Tepat

·        Tidak tepat

5. Gaya membaca
·        Sesuai dengan teks

·        Menghafal

6. Intonasi
·        Tepat

·        Tidak tepat


D. PENGAMATAN PENAMPILAN MEMBACA

OBSERVASI
DESKRIPSI
        1.      Posisi duduk
        2.      Posisi kepala
        3.      Konsentrasi
        4.      Gerakan tangan
        5.      Kesalahan membaca
        6.      Posisi buku
        7.      Intonasi
        8.      Ekspresi
        9.      Nada suara (tegang/tidak)


E. ASESMEN KESALAHAN MEMBACA
KESALAHAN
DESKRIPSI
        1.      Penghilangan kata atau huruf;
        2.      Penyelipan kata;
        3.      Penggantian kata;
        4.      Pengucapan kata salah dan makna berbeda;
        5.      Pengucapan kata salah tetapi makna sama;
        6.      Pengucapan kata salah dan tidak bermakna;
        7.      Pengucapan kata dengan bntuan guru;
        8.      Pengulangan;
        9.      Pembalikan kata;
      10.   Pembalikan huruf;
      11.   Kurang memperhatikan tanda baca;
      12.   Pembetulan sendiri;
      13.   Ragu-ragu dan;
      14.   Tersendat-sendat



Catatan Khusus:
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

....................... , ................................

Guru/Asesor/Petugas




SUMBER: Hasil kerjasama antara Pusat Studi Difabilitas LPPM UNS Surakarta dengan BP Diksus Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016

Komentar