Langsung ke konten utama

KI KD SDLB Seni Budaya Tunagrahita

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SDLB
Mata Pelajaran Seni Budaya Tunagrahita
Kurikulum 2013

KOMPETENSI INTI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


Kelas I
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1   Mengenal gambar ekspresi.
4.1   Menggambar  ekspresi.
3.2   Mengenal kolase.
4.2   Membuat kolase.
3.3   Mengenal lagu bertanda birama dua
4.3   Menyanyikan lagu bertanda  birama dua.
3.4   Mengenal gerak  bagian-bagian anggota tubuh dengan tidak berpindah tempat.
4.4.  Melakukan gerak bagian-bagian anggota tubuh dengan tidak berpindah tempat
3.5   Mengenal karya kerajinan dari bahan kertas.
4.5.  Membuat karya kerajinan dari bahan kertas.

Kelas II
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1   Mengenal montase.
4.1  Membuat montase
3.2   Mengenal cara membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanah liat/tepung/plastisin).
4.2. Membuat berbagai bentuk geometris dengan media bahan lunak (clay/tanah liat/ tepung / plastisin).
3.3   Mengenal lagu bertanda birama tiga.
4.3   Menyanyikan lagu bertanda birama tiga.
3.4   Mengenal gerak bagian-bagian anggota tubuh dengan berpindah tempat.
4.4   Melakukan gerak bagian-bagian anggota tubuh dengan berpindah tempat.
3.5   Mengenal kerajinan dari bahan alam.
4.5.  Membuat kerajinan dari bahan alam.

KELAS III
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    Mengenal mozaik.
4.1  Membuat mozaik.
3.2   Mengenal cetak tinggi.
4.2. Membuat karya seni cetak tinggi sederhana.
3.3   Mengenal lagu bertanda birama empat.
4.3. Menyanyikan lagu bertanda birama empat.
3.4   Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo.
4.4. Melakukan gerak sehari-hari dengan  memperhatikan tempo.
3.5   Mengenal pengolahan sederhana dari bahan buah.
4.5. Membuat olahan sederhana dari bahan buah.

KELAS IV
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengenal gambar flora.
4.1. Menggambar flora.
3.2 Mengenal karya kerajinan ikat celup dari bahan kain/tissue.
4.2  Membuat karya kerajinan ikat celup dengan menggunakan kain/tissue.
3.3   Mengenal lagu dengan alat musik ritmis.
4.3. Menyanyikan lagu dengan alat musik ritmis.
3.4   Mengenal gerak tari bertema.
4.4. Memperagakan tari bertema.
3.5   Mengenal olahan sederhana dari bahan sayur-sayuran.
4.5.Membuat olahan sederhana dari bahan sayuran.

KELAS V

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengenal gambar fauna.
4.1. Menggambar fauna.
3.2 Mengenal kerajinan dengan teknik menggunting, melipat, dan merekat.
4.2. Membuat karya kerajinan dengan teknik menggunting, melipat, dan merekat.
3.3 Mengenal lagu dengan alat musik melodis.
4.3.Menyanyikan lagu dengan alat musik melodis
3.4 Mengenal gerak dasar tari daerah.
4.4.Melakukan gerak dasar tari daerah.
3.5 Mengenal budidaya tanaman sayur sesuai daerah setempat.
4.5.Membudidayakan tanaman sayuran sesuai dengan daerah setempat.

KELAS VI
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengenal gambar alam benda.
4.1. Menggambar alam benda.
3.2 Mengenal hasil karya meronce sederhana.
4.2. Membuat karya kerajinan dengan teknik meronce sederhana.
3.3 Mengenal lagu dengan alat musik ritmis dan melodis.
4.3. Menyanyikan lagu dengan alat musik ritmis dan melodis.
3.4 Mengenal ragam gerak tari modern
4.4. Melakukan ragam gerak tari modern.
3.5 Mengenal pemeliharaan hewan.
4.5. Mempraktikkan pemeliharaan hewan.




 Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016







Komentar