Langsung ke konten utama

KI KD SDLB PPKn Tunagrahita

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SDLB
MATA PELAJARAN PPKn TUNAGRAHITA
KURIKULUM 2013



KOMPETENSI INTI

KELAS I – VI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.     Menyaji pengeta­huan factual dalam bahasa (lisan/ tulis/isyarat) yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencer­min­kan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencer­min­kan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia




KELAS I
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima simbol sila-sila  Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”   sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap positif simbol sila-sila   Pancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Membiasakan mengikuti  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.3 Menerima keberagaman individu di rumah  sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.3 Memiliki sikap peduli terhadap keberagaman individu di rumah
3.1Mengingat  simbol sila-sila   Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan  simbol sila-sila  Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2 Mengingat  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2  Melakukan kegiatan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.3 Mengingat keberagaman individu di rumah

4.3 Membuat karya kreatif sebagai cerminan keberagaman   individu di rumah

KELAS II
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1  Menerima arti simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap peduli terhadap teman sebagai perwujudan  dari   sila-sila  Pancasila dalam lambang negara  “Garuda Pancasila”
1.2  Menerima dengan jujur tata tertib  yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
2.2  Memiliki perilaku  tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
1.3  Menerima dengan tulus arti  keberagaman individu di  sekolah
2.3 Menunjukkan sikap peduli, santun, jujur dalam berinteraksi dengan individu yang beragam  di  sekolah
3.1   Memahami  arti  simbol   sila-sila  Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1    Menyaji cara berperilaku sesuai  sila  Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2   Memahami  tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
4.2     Mempraktekkan berperilaku mentaati  aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
3.3   Memahami arti keberagaman individu di  sekolah

4.3     Membuat karya kreatif sebagai yang mencerminkan    keberagaman individu di  sekolah



KELAS III
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1  Menerima makna sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1    Bersikap peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan  dari sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
1.2  Menerima makna hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah sebagai makhluk Tuhan Yang MahaEsa
1.3  Menerima dengan tulus makna keberagaman individu di masyarakat
2.3   Memiliki perilaku santun sdebagai cermin dari   makna keberagaman individu di masyarakat
3.1   Memahami  makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1   Menyaji cara berperilaku sesuai  makna    simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2  MengingatMemahami  hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari
4.2   Mempraktikkan cara berperilaku sesuai  hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari
3.3   Memahami makna keberagaman individu di masyarakat
4.3   Membuat proyek tentang   keberagaman individu di masyarakat

KELAS IV

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1  Menerima keterkaitan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
2.1   Bersikap peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, , guru dan tetangganya   sebagai perwujudan  dari makna sila-sila Pancasila secara utuh dalam kehidupan sehari-hari
1.2  Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2   Menunjukan sikap disiplin dan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban sebagai warga negara dilingkungan sekolah
1.3 Menerima secara adil keberagaman umat beragama dimasyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.3   Membiasakan  berperilaku peduli terhadap  keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.1     Memahami keterkaitan simbol dengan makna sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1   Menyaji contoh perilaku yang  keterkaitan dengan simbol dengan makna sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.2   Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dilingkungan sekolah
4.2    Menyaji contoh perilaku sesuai  hak dan kewajiban sebagai warga negara dilingkungan sekolah
3.3   Memahami keberagaman umat beragama di indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.3  Mempraktikkan perilaku menghargai keberagaman umat beragama di indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

KELAS V
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1   Menerima nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila sebagai umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
2.1   Membiasakan berperilaku sesuai dengan   nilai-nilai yang terkandung dalam sila sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
1.2   Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2   Menunjukkan sikap bertanggungjawab terhadap hak, kewajiban  sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
1.3   Menerima secara adil keberagaman sosial-budaya masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.3   Menunjukkan sikap peduli keberagaman social budaya di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.1   Memahami nilai-nilai yang terkandung dalam silasila Pancasila
4.1  Menyaji contoh perilaku sesuai dengan   nilai-nilai yang terkandung dalam sila-silaPancasila
3.2   Memahami  hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakat
3.1   Menyaji contoh perilaku sesuai  hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakat
3.3   Memahami  keberagaman sosial-budaya di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.2   Membuat karya kreatif yang mencerminkan keberagaman sosial-budaya dimasyarakat dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika

KELAS VI
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1    Menerima nilai yang  terkandung dalam sila-sila Pancasila sebagai umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
2.1   Membiasakan bersikap sesuai  dengan nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
1.2   Menerima makna tanggungjawab sebagai warga masyarakat
2.2    Menunjukkan sikap  tanggung  jawab sebagai warga masyarakat
1.3   Menerima pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah
2.3   Menunjukkan sikap  disiplin dan pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah
3.1   Menerapkan nilai  yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1   Meyaji contoh perilaku sesuai nilai  yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.2   Memahami  makna  tanggungjawab sebagai warga masyarakat
4.2   Membuat karya estetis sebagai wujud  tanggungjawab sebagai warga masyarakat
3.3   Menerapkan pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah
4.3   Membuat proyek tentang  pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah



Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016

Komentar