Langsung ke konten utama

KI KD SDLB Bahasa Indonesia Tunagrahita

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SDLB
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TUNAGRAHITA
KURIKULUM 2013



KOMPETENSI INTI
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.  Menyajikan pengeta­huan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencer­min­kan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencer­min­kan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia



KELAS I
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    Mengenal teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh dan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.1    Menirukan teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh dan pancaindra dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.2    Mengenal teks arahan/petunjuk sederhana tentang perawatan tubuh  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.2    Mempraktikkan teks arahan /petunjuk sederhana tentang merawat tubuh dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.3    Mengenal teks cerita diri/personal sederhana tentang keberadaan keluarga  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3    Menyampaikan teks cerita diri/personal sederhana tentang keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis  yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

KELAS II
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    Mengenal teks deskriptif  sederhana tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.1    Menirukan teks deskriptif sederhana tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.2    Mengenal teks petunjuk sederhana tentang pemeliharaan kesehatan  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.2    Mempraktikkan teks petunjuk sederhana tentang pemeliharaan kesehatan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.3    Mengenal teks terima kasih sederhana tentang sikap kasih sayang  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3    Menyampaikan teks terima kasih sederhana  mengenai sikap kasih sayang dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun  tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

KELAS III
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1  Mengenal teks deskriptif sederhana tentang kegiatan  anggota keluarga  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.1  Menirukan teks deskriptif sederhana tentang kegiatan  anggota keluarga  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.2  Mengenal teks petunjuk/arahan sederhana tentang kebugaran tubuh  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.2  Mempraktikkan teks petunjuk /arahan sederhana tentang kebugaran tubuh dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.3  Mengenal teks diagram sederhana  tentang anggota keluarga dan kerabat  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3  Membuat teks diagram sederhana tentang anggota keluarga dan kerabat dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

KELAS IV
KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR
3.1  Mengenal teks buku harian sederhana tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.1  Mengungkapkan isi teks buku harian sederhana tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dalam bahasa Indonesia,  baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.2  Mengenal teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah  dalam bahasa Indonesia,  baik lisan maupun  tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.2  Memeragakan isi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.3  Mengenal teks laporan  sederhana tentang alam sekitar  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3  Mengungkapkan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

KELAS V
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    Mengenal teks laporan sederhana tentang hewan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.1    Mengungkapkan isi teks laporan sederhana tentang hewan  dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.2    Mengenal teks cerita narasi  sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah  dalam bahasa Indonesia,  baik lisan maupun tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.2    Menguraikan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.3    Mengenal teks lirik puisi  sederhana tentang alam semesta dan penampakannya   dalam bahasa Indonesia,  baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3    Mengenal teks lirik puisi sederhana tentang alam semesta dan penampakannya   dalam bahasa Indonesia,  baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

KELAS VI
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    Mengenal teks ungkapan permintaan maaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.1    Menyajikan teks ungkapan permintaan maaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis   yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan masyarakat  dalam bahasa Indonesia,  baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.2    Menyajikan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan  bermain di lingkungan masyarakat dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun  tulis yang  dibantu dengan kosakata bahasa daerah
3.3    Mengenal teks laporan sederhana tentang tumbuhan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3    Menyajikan teks laporan sederhana tentang tumbuhan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah


Komentar