Langsung ke konten utama

Asyiknya Bersama Origami

Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi.



Tidak sembarang orang bisa membuat origami. Bagi anak-anak yang memiliki hambatan pada motorik halusnya akan merasa sangat sulit. Contohnya saja anak Tunagrahita, anak Cerebral Palsy juga anak kecil yang belum bisa menulis karena tangannya kaku.




Beberapa manfaat berorigami bagi anak-anak seperti:
- Melatih motorik halus pada anak sekaligus sebagai sarana bermain yang aman, murah, menyenangkan dan kaya manfaat.
- Lewat origami anak belajar membuat mainannya sendiri, sehingga menciptakan kepuasan dibanding dengan mainan yang sudah jadi dan dibeli di toko mainan.
- Membentuk sesuatu dari origami perlu melewati tahapan dan proses tahapan ini mengajari anak untuk tekun, sabar serta disiplin untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.
- Lewat origami anak juga diajarkan untuk menciptakan sesuatu, berkarya dan membentuk model sehingga membantu anak memperluas ladang imajinasi mereka dengan bentukan origami yang dihasilkan.
- Apa yang dirasakan anak-anak ketika berhasil menciptakan sesuatu dari tangan mungil mereka? Kebanggaan dan kepuasan sudah pasti. Terlebih lagi anak belajar menghargai dan mengapresiasi karya lewat origami.
- Belajar membaca diagram/gambar, berpikir matematis serta perbandingan (proporsi) lewat bentuk-bentuk yang dibuat melalui origami adalah salah satu keuntungan lain dari mempelajari origami.



Berikut ini contoh-contoh origami:







  

  


  


Ternyata origami ini tidak hanya mengasyikkan untuk anak kecil atau anak yang memiliki hambatan motorik. Orang yang tidak bisa membuat pada awalnya kemudian bisa pun juga akan senang dengan sendirinya. Contohnya saya dan teman-teman yang berhasil menyelesaikan puluhan lipatan di usia seperti ini. Awalnya hanya karena tuntutan tugas tapi semakin diselami semakin ingin lagi dan lagi. 

Satu tips kalau bingung membuang waktu. Buat origami saja. Lumayan untuk melatih motorik halus biar tulisan tangan jadi tambah bagus.

Semoga Bermanfaat.. :D


Komentar