Langsung ke konten utama

Sedikit Bicara Tentang Blogging




Apa sih menariknya nge-blog?
Alasannya simple aja ngeluarin uneg-uneg, berbagi pengalaman dan belajar. Tapi apa sebatas itu saja. Nggak buat aku. Mengutak-atik dari template sampai bongkar pasang widget tak pernah membuatku bosan. Aku bersyukur ada dunia blogging karena cara membunuh waktu terampuh dan nggak membosankan.

Gimana nggak? Tiap kali ada keluhan, “blog kamu super berat, nggak kuat angkat udah nggak usah pakai widget”, “blognya keren…” ( langsung melayang) “tapi berat” (gubrak). Pernah ada yang komentar tapi mungkin masih punya rasa kasihan sehingga disingkat “superb..”  begitulah. Selalu, selalu itu yang dikeluhkan, tetapi dari sanalah aku banyak belajar mengutak-atik HTML dan keluar masuk situs baru (ya yang nyangkut sama melebarkan sayap blogging). Setiap kali loadingnya lama, tangan ini sudah gatal untuk meng-edit HTML atau menghapus widget yang berat-berat. Padahal susah-susah nyarinya, ngopy kode HTML, memasang lewat add gadget bahkan diselipkan diantara template HTML yang berjubel kode </head>, ]] b: skin de el el. Lama-lama sampai hafal letak tuh kode (hahaha padahal kalau suruh nyari tinggal diturunin aja pasti ketemu).. Yah, paling tidak udah nggak pakai CTRL+F buat nyari tuh kode..

Sombong? Nggak juga cuma mau congkak. Lho?

Balik lagi ke topik. Apa cuma tampilan aja yang bisa memancing orang berkunjung? Nggak juga. Justru karena sering banyak dipasang widget yang berat-berat pengunjung pada kabur gara-gara nggak sabar nunggu. Mau bukti silahkan saja. Close tab Anda. (Curhat nih karena bukan orang sabar :P)

Saranku sih pasang widget seadanya, jangan semua widget yang ditemukan dipasang karena kasihan mbah blog tidak kuat mengangkat beban. Kalau nggak letakkan widget itu dengan loading yang ringan baru yang berat. Penting untuk menghitung berapa lama loading blog. Kalau aku biasanya sampai 28 detik nggak mau muncul tanda-tanda tangan gatal beraksi.  Ya, nggak bisa dipungkiri juga sih blog yang tampilannya bagus tapi lama pengunjungnya sedikit. Ada juga yang lama tapi berpengunjung banyak. Tinggal pinter-pinter aja berkunjung dan minta dikunjungi.. Hihihihi

Harapan terbesar dari nge-blog naikin page rank. Masa’ dari dulu 0 melulu. Hahaha.. Ya iyalah, nggak ada yang backlink. Bercanda.. Harapannya ya saling sharing ilmu aja dan mengeluarkan uneg-uneg yang terpendam, termasuk semua kegagalan di dunia nyata. Tak apalah mengalir saja ambil enaknya.

Pokoknya nggak ada bosannya. Semoga saya menemukan template baru dengan kecepatan extra tetapi desainnya unik. Hemm.. Kenapa nggak menciptakan sendiri aja?
Jawabannya adalah bukan basic saya karena saya tidak menguasai ilmu HTML-HTML-an.               Utak-atik HTML hanya berdasarkan petunjuk ahlinya dengan sedikit utak-atik juga sih kalau berhasil.. Hihihihi

 Cukup sekian. Semoga ketika membuka blog saya tidak ada istilah “berlalu tak berkesan... blasss”.

Komentar