Langsung ke konten utama

Zack Browser For Autistic Children


Siapa bilang anak Autis tidak bisa mengakses web browser dan menjelajah dunia maya?
Ada sebuah web browser untuk mereka namanya Zack Browser, sebuah piranti web browser khusus bagi anak dengan autisme. Web ini diciptakan oleh John LeSieur .
Pada tahun 2002 dia dikaruniai seorang cucu bernama Zackary. Ternyata pada tahun 2005 diketahui cucunya tersebut didiagnosa mengalami gangguan autistik parah. Ketika belajar computer di sekolahnya, Zackary merasa tak nyaman dengan halaman web yang biasa kita digunakan. Bahkan gurunya kuwalahan dan frustasi saat mengajarinya. Hal ini mendorong John LeSieur untuk membuat Zack Browser untuk memudahkan Zack menjelajah dunia maya dengan nyaman. Zack Browser For Autistic Children ini sebagai hadiah untuk cucu tersayangnya.
Fungsi-fungsi yang tidak perlu ditiadakan dalam web browser ini, misalnya tombol print screen atau klik kanan yang membuat frustasi anak autis. Zack Browser ini dirancang dengan memperhatikan karakteristik anak autis. Misalnya layar penuh tanpa jendela yang rumit: program yang tidak dapat mengakses task bar, menu start dan juga membatalkan fungsi tangan kanan dari mouse. Dengan begitu anak dengan autisme tidak lagi dapat mengklik apapun yang akan memunculkan kejutan-kejutan yang tidak menyenangkan untuk dirinya. Dengan web browser konvensional anak-anak autis bermain mouse tanpa terkendali karena sering gagal mengakses sesuai keinginannya.  
Web browser ini sudah dilengkapi dengan tautan langsung ke web-web yang menyediakan game, musik dan hiburan mendidik. Ukuran tombol pun telah didesain lebih besar, kontras dan jelas sehingga mudah dipilih. Misalnya gambar bola untuk mengakses game, atau gambar buku untuk masuk ke cerita anak-anak.
Zack Browser ini juga sudah dilengkapi filter materi kekerasan, seksual dan konten orang dewasa yang sering kali meresahkan orang tua. Zack Browser diciptakan untuk didedikasikan ke seluruh dunia guna kepentingan anak dengan gangguan autisme.
Zack Browser bisa didownload secara gratis di http://www.zackbrowser.com
Menginstal Zack Browser hanya memerlukan waktu dua menit bila tersedia koneksi internet dengan kecepatan tinggi.
Ada beberapa jenis instalasi:
1.      Zack Browser dengan instalasi
Versi ini sangat ideal untuk anak-anak yang menggunakan computer secara teratur. Verssi ini berisi semua alat Zac Crash Recovery.
2.      Zack Browser tanpa instalasi
Versi ini ideal karena tidak di-install secara permanen pada computer. Versi ini bisa didownload ke flashdisk atau USB sehingga selalu tersedia untuk pengguna setiap saat. Setelah menutup aplikasi Zac Browser, tidak akan berada di dalam computer lagi. Artinya jika anda ingin menggunakannya lagi, anda harus menginstalasi lagi. Caranya hanya dengan memasukkan USB, buka file dengan double klik pada icon Zac Browser. Zac browser kompatibel dengan: touch screen, PC, laptop, Net book, Tablet PC, Mac (with Booth Camp) using Windows XP atau Vista. Jika mengalami kesulitan-kesulitan, pertanyaan-pertanyaan mengenai instalasi silahkan akses http://www.browserme.com/support

Wow, keren kan? Ternyata ada juga web browser yang dikembangkan khusus untuk anak autis. Ini bukti dari kemajuan teknologi. Ayo siapa yang akan menyusul John LeSieur dengan menciptakan suatu teknologi untuk anak-anak disabilities?

Sumber: Majalah diffa, Edisi Perkenalan, November 2010, hal. 36-37.

Komentar