Kamis, 18 November 2010

Mengenal Braille

Sebelum tahu tentang huruf Braille sebaiknya kita tahu sebenarnya siapa sih penemu huruf ini?
Penemu huruf ini bernama Louis Braille.

Louis Braille (lahir di Coupvray, 4 Januari 1809 – meninggal 6 Januari 1852 pada umur 43 tahun) adalah pencipta sistem tulisan Braille yang digunakan oleh orang-orang buta.
Pada umur 4 tahun, matanya tertusuk jarum, Braille pun mengalami kebutaan. Pada tahun 1821, saat bersekolah khusus untuk penderita tuna netra, seorang prajurit bernama Charles Barbier mengunjungi sekolah tersebut dan menunjukkan suatu kode yang telah ditemukannya. Sistem tersebut dikatakan sebagai "tulisan malam" (night writing). Ini dirancang khusus untuk tentara perang yang menggunakan kombinasi duabelas titik. Braille muda menyadari manfaat sistem ini. Ia pun mengembangkan sistem yang lebih sederhana dengan menggunakan enam titik. Dan tahun 1827, buku yang menggunakan enam titik tersebut, yang kemudian disebut Braille, telah diterbitkan. Sekarang, para penderita buta menggunakan metode tersebut. Pada 6 Januari tahun 1852, Braille meninggal dunia.


Seperti itulah bentuk abjad jika menggunakan huruf Braille.
Hemm, kalau kalian ingin menulis huruf Braille secara manual ada alatnya lho. Kalian harus menggunakan Riglet. Seperti inilah gambarnya:


Gambar Riglet



Inilah yang disebut dengan riglet. Terdiri dari beberapa kotak. Tiap kotak terdapat 6 lubang. 


Salut buat anak Tunanetra. Mereka bisa menghafal huruf-huruf ini. Aku yang seperti ini saja kuwalahan saat mengingat bentuk tiap hurufnya. Padahal masih ada tanda baca, braille matematika, fisika, kimia dan not balok. Bayangin aja! Luar biasa ya. Tuhan menciptakan kekurangan tapi dibalik kekurangan itu ada kelebihan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini

Blogroll