Langsung ke konten utama

Cara Memakai Riglet

Tunanetra tidak menggunakan indra penglihatannya untuk membaca tapi ia menggunakan indra perabanya. Mereka tak bisa membaca dengan tulisan alfabet seperti kita yang orang awas atau normal kecuali anak low vision karena masih mempunyai sisa-sisa penglihatan.
Mereka yang buta total, menggunakan huruf Braille untuk membaca maupun menulis yaitu berupa titik-titik kecil yang timbul. Untuk bisa meraba tulisan Braille itu sendiri perlu latihan yang lumayan lama. Tak hanya sehari atau seminggu, bisa jadi butuh waktu berbulan-bulan untuk mengasah kepekaan permukaan tangan.

Latihan bisa dimulai dengan membedakan tekstur dari yang halus dan kasar. Misalnya dengan amplas dari no. 1 sampai no. 10. Pertama si anak disuruh meraba amplas no 1 dan 10, setelah itu no. 1 dan 9, begitu seterusnya sampai no. 1 dan 2 yang sangat tipis perbedaannya. Itu pun dilakukan sampai anak bisa menguasai misalnya  dua minggu. Bisa juga membedakan tekstur halus dan kasar dengan kain, dari kain yang kasar seperti jeans sampai kain sutra.  

Bagi kita yang bermata awas atau normal tak ada salahnya mengenal huruf Braille. Untuk menulisnya kita butuh riglet. Tak di sembarang tempat orang menjualnya. Harganya pun tidak semurah ketika kita membeli penggaris, pensil atau penghapus.

Kalian pengen belajar pakai riglet? Begini caranya:
1. Konsep dasarnya kalian harus tahu dulu. Menulis huruf Braille dimulai dari kanan ke kiri, seperti saat membaca ayat-ayat suci di Al-Qur'an. Huruf Braille terbagi menjadi 2 yaitu huruf baca dan huruf tulis. Pastikan kalian menggunakan huruf tulis karena kita mau menulis.  
2. Kalau sudah tahu konsep dasarnya kita akan mulai memakai alatnya. Siapkan kertas dan riglet. Buka rigletnya dan jepit kertas. Pastikan lurus dan tidak miring.
    
             
3. Peganglah alat yang akan digunakan untuk menusuk seperti gambar berikut:


 4. Kemudian mulailah dari kotak sebelah pojok kanan atas. 

 

5. Jika sudah habis, buka riglet kembali dan letakkan seperti awal tadi. Agar tidak bertumpuk perhatikan bekas titik besar dari riglet di kertas ada empat buah di setiap sudutnya. Pastikan 2 bekas titik besar yang bawah dari riglet itu tepat masuk di riglet lagi.


Begitulah cara memakainya. 
Kalau untuk membacanya, kita harus membalik kertas tadi sehingga huruf itu timbul. 

 -Selamat Mencoba-


Komentar