Langsung ke konten utama

Jangan Berhenti Bermimpi Kawan

"Mimpi itu yang memotivasi kita dalam hidup untuk berusaha sekuat tenaga agar bisa menggapainya. Jangan pernah berhenti bermimpi," kata almarhum M.Agung Putra Prasetyo, temannya temenku.

Setiap orang punya mimpi. Tapi orang sering melupakan mimpi. Aku pun sama, pernah melupakan apa mimpiku. Saat aku tak bisa menggapainya, aku akan berusaha meninggalkan mimpi itu. Bahkan saat aku telah berusaha sampai detik terlelah pun aku tinggalkan.

Aku sempat tak percaya lagi pada mimpi-mimpi itu. Bagiku tampak sama dengan fatamorgana di gurun pasir. Tampak seperti nyata tapi sesungguhnya sangat jauh dari kenyataan. Tapi setelah waktu berputar cukup lama, ternyata aku kehilangan semangatku. Aku tak tahu harus berbuat apa lagi. Aku baru sadar ternyata dulu aku bersemangat karena ingin menggapai citaku.
Ketika cita-cita itu kutinggalkan nyaris aku tak merasakan kehidupan. Terasa datar. Tak bersinergi dengan alam.

Kau jangan seperti aku kawan yang mundur sebelum berperang. Hanya karena cita-cita awalku ditentang tak berarti harus mundur. Justru kau harus buktikan kalau kau mampu dan kau bisa. Aku sedang membangkitkan lagi. Tepatnya berusaha membangun puing-puing sisa-sisa mimpi yang pernah kutinggalkan.

Jadikanlah mimpimu itu sebagai tolak ukur keberhasilanmu. Setidaknya itu yang dapat kau lakukan meskipun mimpi itu takkan pernah terwujud. Meskipun kini kau telah mempunyai mimpi-mimpi yang lain.

Komentar